Sistem EFI

Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar digunakan untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki bahan bakar menuju ke ruang bakar. Sistem ini terdiri atas: tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, saringan bahan bakar, pipa penyalur, pressure regulator, pulsation damper, injector, dan cold start injector.




Bahan bakar dihisap dari tangki oleh pompa bahan bakar yang dikirim dengan tekanan ke saringan. Bahan bakar yang telah tersaring tersebut selanjutnya dikirim ke injector dan cold start injector. Tekanan dalam saluran bahan bakar (fuel line) dikontrol oleh pressure regulator. Kelebihan bahan bakar dialirkan kembali ke tangki melalui return line.
Getaran pada bahan bakar yang disebabkan adanya penginjeksian diredam oleh pulsation damper. Bahan bakar diinjeksikan oleh injector ke dalam intake manifold sesuai dengan injection signal dari EFI computer. Cold start injector menginjeksikan bahan bakar langsung ke air intake chamber saat mesin dingin sehingga mesin dapat dihidupkan dengan mudah.


Sistem induksi udara (Air Induction system)
Sistem induksi udara menyalurkan sejumlah udara yang diperlukan untuk pembakaran. System ini terdiri dari: air cleaner, air flow meter, throttle body, dan air valve.


Sistem control elektronik (Electronik Control System)

Sistem control elektronik terdiri atas beberapa sensor seperti: air flow meter, water temperature sensor, throttle position sensor, air temperatu sensor, dan oxygen sensor. Pada sistem ini terdapat ECU (electronic control unit) yang mengatur lamanya kerja injector. Pada system ini juga terdapat komponen lain seperti: main relay yang mensuplai tegangan ke ECU, start injector time switch yang mengatur kerja cold start injector selama mesin dingin, circuit opening relay yang mengatur kerja pompa bahan bakar dan resistor yang menstabilkan kerja injector.

Twitter Facebook Favorites